PENDAHULUAN
Desain Grafis: adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.Ilmu dalam desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Desain Grafis: adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.Ilmu dalam desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Desain Grafis merupakan salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, garis, dan semacamnya di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dandikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau karya fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.
SEJARAH
SEJARAH
Graphic, grafis dalam bahasa Indonesia, berasal dari bahasa Yunani, Graphein, yang berarti menulis atau menggambar. Secara lebih spesifik, cakupannya terbatas pada karya yang dibuat dan diperbanyak dengan proses cetak.
Perkembangan manusia di dalam melahirkan karya grafis dari waktu ke waktu sangat menarik untuk diikuti. Pengaruh-pengaruh masa lalu itu banyak yang masih dijadikan patokan bagi artwork-artwork yang dihasilkan sekarang ini.
Karya grafis yang paling awal dalam Ilmu Anthropologi Sejarah adalah periode gambar-gambar dalam gua, goresan-goresan tanda menggunakan tulang, dan gading gajah. Hal ini membuktikan bahwa di beberapa bagian dunia telah ada seni grafis sejak jaman prasejarah seperti di Mesir, Perancis, Eropa, dan sebagainya.
Lukisan Cave Lascaux sebagai bukti perkembangan grafis awal
Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
* Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
* Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
* Web Desain: desain untuk halaman web.
* Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
PROGRAM PENGOLAH GRAFIK
Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untukmengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuanpembuatan karya.
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet,booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengaturpenempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti AdobePhotoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambardalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis,baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Programyang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolahgambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalamprogam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixelyang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalamfoto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan danwarna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompokini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagaikumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis,setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akandikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasiini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image
KOMPONEN-KOMPONEN GRAFIK
1. Bentuk
Bentuk bisa juga digunakan untuk menarik respon dari audien kita. Penggunaan bentuk yang efektif secara psikologis dapat memotivasi, menginspirasi,memberikan tantangan kepada audien, dsb. Bentuk, biasanya bisa digabungkan untuk membuat kesan yang lebih kuat. Misalnya penggunaan sebuah lingkaran dan sebuah segi tiga, akan menghasilkan kesan energetik,dan dinamik.
Atau penggunakan sebuah Lingkaran dan sebuah Persegi untuk kehangatan dan perasaan aman. Kekuatan dari Bentuk dan kombinasi Bentuktelah ditujukan di berbagai bidang, seperti Automotif, Bangunan, Kemasan Produk, dan Logo Perusahaan. Kekuatan dari Bentuk yang paling banyak diimplementasikan mungkina adalah sewaktu membuat Logo Perusahaan.
2. Warna
Pemilihan warna adalah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respon dari pengunjung. Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seorang pengunjung (terutama warna background), dan Anda bisa membuat situs anda untuk menampilkan warna dulu sementara content yang lain (text danimage) masih dalam proses download. Cara ini akan membuat kesan atau mood untuk seluruh situs tersebut.
Untuk mencapai design warna yang efektif, bisa dimulai dengan memilih warna yang bisa merepresentasikan tujuan dari situs Anda. Pallet warna yang anda buat sebaiknya cocok dengan pribadi dan tujuan dari situs Anda.Jika misalnya situs Anda adalah untuk situs komunitas, maka sebaiknya Anda memilih warna warna hangat untuk membuat suasana lebih santai. Jika situs Anda adalah untuk situs Informasi, dimana content akan mendominasi, maka warna sebaiknya simple dan tidak mengganggu (misalnya jangan menggunakan background kembang-kembang dengan warna menyolok).
3. Typografi
Typografi adalah sebuah seni pemilihan bentuk text/huruf. Begitu banyak bentuk huruf, sampai susah untuk mengatakan berapa banyak bentuk huruf yang ada di dunia ini. Sehingga agak susah untuk menentukan efek/pengaruh apa yang bisa ditimbulkan kepada pengunjung. Akan tetapi, huruf dibagi dalam beberapa kategori umum, dan biasanya kategori umum ini memiliki gaya tersendiri. Biasanya, designer akan menggunakan beberapa macam style huruf dalam sebuah halaman.
Judul dan Point Penting biasanya menggunakan jenis Decoratif dan Scrip, dan isi text hampir selalu harus menggunakan jenis Serif atau San-Serif (atau kadang menggunakan Monospace).
Untuk mempengaruhi pengunjung secara psikologi, bisa dengan penggunaan Jenis Huruf yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dengan penggunaanWarna dan Bentuk. Misalnya, untuk sebuah situs yang konservatif (Statis), lebih baik menggunakan bentuk Serif, San-Serif yang sederhana, dan mungkin jenis Dekoratif yang bersih. Situs yang lebih aktif (Dinamis) bisa menggunakan jenis Dekoratif yang lebih rumit, dan juga Monospace.
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
* Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
* Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
* Web Desain: desain untuk halaman web.
* Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
PROGRAM PENGOLAH GRAFIK
Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untukmengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuanpembuatan karya.
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet,booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengaturpenempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti AdobePhotoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambardalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis,baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Programyang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolahgambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalamprogam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixelyang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalamfoto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan danwarna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompokini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagaikumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis,setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akandikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasiini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image
KOMPONEN-KOMPONEN GRAFIK
1. Bentuk
Bentuk bisa juga digunakan untuk menarik respon dari audien kita. Penggunaan bentuk yang efektif secara psikologis dapat memotivasi, menginspirasi,memberikan tantangan kepada audien, dsb. Bentuk, biasanya bisa digabungkan untuk membuat kesan yang lebih kuat. Misalnya penggunaan sebuah lingkaran dan sebuah segi tiga, akan menghasilkan kesan energetik,dan dinamik.
Atau penggunakan sebuah Lingkaran dan sebuah Persegi untuk kehangatan dan perasaan aman. Kekuatan dari Bentuk dan kombinasi Bentuktelah ditujukan di berbagai bidang, seperti Automotif, Bangunan, Kemasan Produk, dan Logo Perusahaan. Kekuatan dari Bentuk yang paling banyak diimplementasikan mungkina adalah sewaktu membuat Logo Perusahaan.
2. Warna
Pemilihan warna adalah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respon dari pengunjung. Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seorang pengunjung (terutama warna background), dan Anda bisa membuat situs anda untuk menampilkan warna dulu sementara content yang lain (text danimage) masih dalam proses download. Cara ini akan membuat kesan atau mood untuk seluruh situs tersebut.
Untuk mencapai design warna yang efektif, bisa dimulai dengan memilih warna yang bisa merepresentasikan tujuan dari situs Anda. Pallet warna yang anda buat sebaiknya cocok dengan pribadi dan tujuan dari situs Anda.Jika misalnya situs Anda adalah untuk situs komunitas, maka sebaiknya Anda memilih warna warna hangat untuk membuat suasana lebih santai. Jika situs Anda adalah untuk situs Informasi, dimana content akan mendominasi, maka warna sebaiknya simple dan tidak mengganggu (misalnya jangan menggunakan background kembang-kembang dengan warna menyolok).
3. Typografi
Typografi adalah sebuah seni pemilihan bentuk text/huruf. Begitu banyak bentuk huruf, sampai susah untuk mengatakan berapa banyak bentuk huruf yang ada di dunia ini. Sehingga agak susah untuk menentukan efek/pengaruh apa yang bisa ditimbulkan kepada pengunjung. Akan tetapi, huruf dibagi dalam beberapa kategori umum, dan biasanya kategori umum ini memiliki gaya tersendiri. Biasanya, designer akan menggunakan beberapa macam style huruf dalam sebuah halaman.
Judul dan Point Penting biasanya menggunakan jenis Decoratif dan Scrip, dan isi text hampir selalu harus menggunakan jenis Serif atau San-Serif (atau kadang menggunakan Monospace).
Untuk mempengaruhi pengunjung secara psikologi, bisa dengan penggunaan Jenis Huruf yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dengan penggunaanWarna dan Bentuk. Misalnya, untuk sebuah situs yang konservatif (Statis), lebih baik menggunakan bentuk Serif, San-Serif yang sederhana, dan mungkin jenis Dekoratif yang bersih. Situs yang lebih aktif (Dinamis) bisa menggunakan jenis Dekoratif yang lebih rumit, dan juga Monospace.
[Dari berbagai sumber]
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan isi komentar dengan baik dan sopan, tidak mengandung unsur SARA, provokatif, dan tanpa SPAM / iklan. Pesan / Komentar yang tidak layak akan dihapus. Terimakasih.