Mengenal Object Oriented Programming (OOP)

Posted by Nicki Hermanto Putro On Saturday 23 February 2013 0 komentar
Object Oriented Programming atau yang biasa dipanggil dengan singkatan OOP, mungkin mendengar kata ini sudah tidak asing bagi para programmer dan mereka pastinya sudah tahu dan menguasainya, karena OOP adalah konsep dasar bagi seorang programmer untuk bisa membuat program dengan berbagai bentuk pengaplikasian tanpa menghilangkan konsep OOP itu sendiri khususnya untuk pembuatan program besar yang membutuhkan modul-modul yang sangat banyak.  untuk itu konsep OOP ini sangatlah penting dimengerti karena dengan konsep ini kita dimudahkan dalam membuat suatu program, dan kali ini saya akan bahas konsep OOP itu sendiri.  
Konsep OOP yaitu suatu cara pemecahan masalah yang dibagi kedalam objek yang berhubungan, untuk lebih jelasnya tentang objek saya berikan contoh real nya misalnya dirumah sakit terdapat, ruang UGD , ruang ICU, ruang oprasi, ruang ruang itu  yang terdapat dalam lingkup rumah sakit yang merupakan objek dari rumah sakit, kemudian rumah sakit yang mempunyai ruangan-ruangan itu jika kita lihat dari segi pemograman disebut class,  yang lebih jelasnya class salah satunya yaitu kumpulan dari objek-objek.
Setiap Objek Memiliki Atribut dan MethodAtribut yaitu sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik dari objek itu sendiri jika di ambil contoh dari ruangan-ruangan tadi atribut yang di punya seperti pintu, warna cat, tipe lantai dll, sedangkan Method adalah sesuatu fungsi yang di punya dari objek itu sendiri ruang UGD untuk menangani pasien yang perlu penanganan segera, ruang Operasi untuk menangani pasien yang di oprasi dan lainya.
Dalam Konsep Dasar dari  OOP menerapkan konsep-konsep berikut :
  1. Class
    Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu.  dalam pemograman berbasis objek class adalah dasar modularitas dan struktur.
    Contoh dari class :
    1puclic class Pasien() {
    2private String nama = "";
    3private String jeniskelamin = "";
    4private int usia = 0;
    5private String alamat = "";
    6}
    dari contoh diatas adalah sebuah class yang bernama pasien yang mempunyai atribut dari data pasien seperti namajenis kelaminusia dan alamat.
  1. Objek
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, objek membungkus data dan fungsi dalam satu unit yang dimana itu adalah atribut dan method.
    Contoh Objek :
    buat class baru bernama DataPasien 
    01    public class DataPasien {
    02 
    03    public static void main(String []args) {
    04 
    05    // membuat objek
    06    Pasien pasien = new Pasien();
    07    // memanggil atribut
    08    pasien.nama = "Puji Rohman";
    09    pasien.jeniskelamin = "Laki-laki";
    10    pasien.usia = 20;
    11    pasien.alamat = "Bogor";
    12 
    13    System.out.println("=== Data Pasien ===");
    14    System.out.println("Nama : "+pasien.nama);
    15    System.out.println("Jenis Kelamin : "+pasien.jeniskelamin);
    16    System.out.println("Usia : "+pasien.usia);
    17    System.out.println("Alamat : "+pasien.alamat);
    18 
    19   }
    20}
  2. Enkapsulasi
    yaitu metode atau mekanisme untuk menyembunyikan proses dalam system untuk menghindari pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak.Contoh Enkapsulasi :
    update class Pasien tadi seperti dibawah
    01public class Pasien {
    02 
    03private String nama = "";
    04private String jeniskelamin = "";
    05private int usia = 0;
    06private String alamat = "";
    07 
    08public String getNama() { return nama;  }
    09 
    10public void setNama(String nama) { this.nama = nama;    }
    11public String getJeniskelamin() {  return jeniskelamin;   }
    12 
    13public void setJeniskelamin(String jeniskelamin) { this.jeniskelamin = jeniskelamin; }
    14 
    15public int getUsia() {  return usia;    }
    16 
    17public void setUsia(int usia) {    this.usia = usia;     }
    18 
    19public String getAlamat() {  return alamat;    }
    20 
    21public void setAlamat(String alamat) {  this.alamat = alamat;     }
    22 
    23}
    Kemudian edit class DataPasien seperti di bawah.
    01public class DataPasien {
    02public static void main(String []args) {
    03// membuat objek
    04Pasien pasien = new Pasien();
    05// memanggil atribut
    06pasien.setNama("Puji Rohman");
    07pasien.setJeniskelamin("Laki-laki");
    08pasien.setUsia(20);
    09pasien.setAlamat("Bogor");
    10System.out.println("=== Data Pasien ===");
    11System.out.println("Nama : "+pasien.getNama());
    12System.out.println("Jenis Kelamin : "+pasien.getJeniskelamin());
    13System.out.println("Usia : "+pasien.getUsia());
    14System.out.println("Alamat : "+pasien.getAlamat());
    15}
    16}
    Terlihat ada perbedaan, atribut tadi kini menjadi sebuah method set & get  ini berfungsi untuk membungkus atribut tadi.

  3. Inheritance
    adalah penurunan sifat dari superclass kepada subclassnya sehingga apa yang dimiliki superclass, subclass bisa menggunakanya juga.
    Contoh dari Inheritance :
    01public class Pendaftaran extends Pasien {
    02public String namarumahsakit = "";
    03 
    04public void daftar() {
    05 namarumahsakit = "Rumah sakit salak";
    06 
    07// atribut dari class Pasien
    08 nama = "Joni";
    09 jeniskelamin = "Laki-laki";
    10 usia = 20;
    11 alamat = "Jakarta Selatan";
    12 
    13System.out.println("==Formulir Pendaftaran==");
    14 System.out.println("Lokasi : "+namarumahsakit);
    15 System.out.println("Nama : "+nama);
    16 System.out.println("Jenis Kelamin : "+jeniskelamin);
    17 System.out.println("Usia : "+usia);
    18 System.out.println("Alamat : "+alamat);
    19 
    20}
    21 
    22public static void main(String [] args) {
    23 new Pendaftaran().daftar();
    24 }
    terlihat di atas pada baris class di tambah source extend Pasien yang artinya class Pasien menjadi superclass dari class Pendaftaran  (subclass).


    Demikian sekilas penjelasan tentang konsep OOP semoga bermanfaat :) .

    Sumber:
    http://jiephuu.wordpress.com/2012/11/11/mengenal-object-oriented-programming-oop-2/  diakses hari Sabtu, 23 Pebruari 2013, 22:48 WIB.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan baik dan sopan, tidak mengandung unsur SARA, provokatif, dan tanpa SPAM / iklan. Pesan / Komentar yang tidak layak akan dihapus. Terimakasih.