Object Oriented Programming atau
yang biasa dipanggil dengan singkatan OOP, mungkin mendengar kata ini
sudah tidak asing bagi para programmer dan mereka pastinya sudah tahu
dan menguasainya, karena OOP adalah konsep dasar bagi seorang programmer
untuk bisa membuat program dengan berbagai bentuk pengaplikasian tanpa
menghilangkan konsep OOP itu sendiri khususnya untuk pembuatan program
besar yang membutuhkan modul-modul yang sangat banyak. untuk itu konsep
OOP ini sangatlah penting dimengerti karena dengan konsep ini kita
dimudahkan dalam membuat suatu program, dan kali ini saya akan bahas
konsep OOP itu sendiri.
Konsep OOP yaitu suatu cara pemecahan masalah yang dibagi kedalam
objek yang berhubungan, untuk lebih jelasnya tentang objek saya berikan
contoh real nya misalnya dirumah sakit terdapat, ruang UGD , ruang ICU,
ruang oprasi, ruang ruang itu yang terdapat dalam lingkup rumah sakit
yang merupakan objek dari rumah sakit, kemudian rumah sakit yang
mempunyai ruangan-ruangan itu jika kita lihat dari segi pemograman
disebut class, yang lebih jelasnya class salah satunya yaitu kumpulan
dari objek-objek.
Setiap Objek Memiliki Atribut dan Method, Atribut yaitu sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik dari objek itu sendiri jika di ambil contoh dari ruangan-ruangan tadi atribut yang di punya seperti pintu, warna cat, tipe lantai dll, sedangkan Method adalah sesuatu fungsi yang di punya dari objek itu sendiri ruang UGD untuk menangani pasien yang perlu penanganan segera, ruang Operasi untuk menangani pasien yang di oprasi dan lainya.
Setiap Objek Memiliki Atribut dan Method, Atribut yaitu sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik dari objek itu sendiri jika di ambil contoh dari ruangan-ruangan tadi atribut yang di punya seperti pintu, warna cat, tipe lantai dll, sedangkan Method adalah sesuatu fungsi yang di punya dari objek itu sendiri ruang UGD untuk menangani pasien yang perlu penanganan segera, ruang Operasi untuk menangani pasien yang di oprasi dan lainya.
Dalam Konsep Dasar dari OOP menerapkan konsep-konsep berikut :
- Class
Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. dalam pemograman berbasis objek class adalah dasar modularitas dan struktur.
Contoh dari class :
1
puclic
class
Pasien() {
2
private
String nama =
""
;
3
private
String jeniskelamin =
""
;
4
private
int
usia =
0
;
5
private
String alamat =
""
;
6
}
- Objek
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, objek membungkus data dan fungsi dalam satu unit yang dimana itu adalah atribut dan method.
Contoh Objek :
buat class baru bernama DataPasien01
public
class
DataPasien {
02
03
public
static
void
main(String []args) {
04
05
// membuat objek
06
Pasien pasien =
new
Pasien();
07
// memanggil atribut
08
pasien.nama =
"Puji Rohman"
;
09
pasien.jeniskelamin =
"Laki-laki"
;
10
pasien.usia =
20
;
11
pasien.alamat =
"Bogor"
;
12
13
System.out.println(
"=== Data Pasien ==="
);
14
System.out.println(
"Nama : "
+pasien.nama);
15
System.out.println(
"Jenis Kelamin : "
+pasien.jeniskelamin);
16
System.out.println(
"Usia : "
+pasien.usia);
17
System.out.println(
"Alamat : "
+pasien.alamat);
18
19
}
20
}
- Enkapsulasi
yaitu metode atau mekanisme untuk menyembunyikan proses dalam system untuk menghindari pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak.Contoh Enkapsulasi :
update class Pasien tadi seperti dibawah
01
public
class
Pasien {
02
03
private
String nama =
""
;
04
private
String jeniskelamin =
""
;
05
private
int
usia =
0
;
06
private
String alamat =
""
;
07
08
public
String getNama() {
return
nama; }
09
10
public
void
setNama(String nama) {
this
.nama = nama; }
11
public
String getJeniskelamin() {
return
jeniskelamin; }
12
13
public
void
setJeniskelamin(String jeniskelamin) {
this
.jeniskelamin = jeniskelamin; }
14
15
public
int
getUsia() {
return
usia; }
16
17
public
void
setUsia(
int
usia) {
this
.usia = usia; }
18
19
public
String getAlamat() {
return
alamat; }
20
21
public
void
setAlamat(String alamat) {
this
.alamat = alamat; }
22
23
}
01
public
class
DataPasien {
02
public
static
void
main(String []args) {
03
// membuat objek
04
Pasien pasien =
new
Pasien();
05
// memanggil atribut
06
pasien.setNama(
"Puji Rohman"
);
07
pasien.setJeniskelamin(
"Laki-laki"
);
08
pasien.setUsia(
20
);
09
pasien.setAlamat(
"Bogor"
);
10
System.out.println(
"=== Data Pasien ==="
);
11
System.out.println(
"Nama : "
+pasien.getNama());
12
System.out.println(
"Jenis Kelamin : "
+pasien.getJeniskelamin());
13
System.out.println(
"Usia : "
+pasien.getUsia());
14
System.out.println(
"Alamat : "
+pasien.getAlamat());
15
}
16
}
- Inheritance
adalah penurunan sifat dari superclass kepada subclassnya sehingga apa yang dimiliki superclass, subclass bisa menggunakanya juga.
Contoh dari Inheritance :01
public
class
Pendaftaran
extends
Pasien {
02
public
String namarumahsakit =
""
;
03
04
public
void
daftar() {
05
namarumahsakit =
"Rumah sakit salak"
;
06
07
// atribut dari class Pasien
08
nama =
"Joni"
;
09
jeniskelamin =
"Laki-laki"
;
10
usia =
20
;
11
alamat =
"Jakarta Selatan"
;
12
13
System.out.println(
"==Formulir Pendaftaran=="
);
14
System.out.println(
"Lokasi : "
+namarumahsakit);
15
System.out.println(
"Nama : "
+nama);
16
System.out.println(
"Jenis Kelamin : "
+jeniskelamin);
17
System.out.println(
"Usia : "
+usia);
18
System.out.println(
"Alamat : "
+alamat);
19
20
}
21
22
public
static
void
main(String [] args) {
23
new
Pendaftaran().daftar();
24
}
Demikian sekilas penjelasan tentang konsep OOP semoga bermanfaat .
Sumber:
http://jiephuu.wordpress.com/2012/11/11/mengenal-object-oriented-programming-oop-2/ diakses hari Sabtu, 23 Pebruari 2013, 22:48 WIB.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan isi komentar dengan baik dan sopan, tidak mengandung unsur SARA, provokatif, dan tanpa SPAM / iklan. Pesan / Komentar yang tidak layak akan dihapus. Terimakasih.